12/08/2006

automatisasi 147

pak onno ysh,

tadi saya coba memikirkan langkah-2 perbaikan utk tracing masalah speedy secara selintas. yg mana ini perlu peran serta reversible antara pelanggan dan telkom... tanpa itu, spt yg pak onno jelaskan akan cukup membuat telkom repot (meskipun ini 100% tanggung jawab telkom sepenuhnya sebagai pengada jasa dan kewajiban kustomer adalah hanya membayar saja tanpa telat sehari pun).

utk tracing ini hal yg perlu disiapkan

1. data base user adsl
ini yg pertama kali harus disiapkan, yaitu database konsumen secara detil (user id, lokasi, nomor perangkat yg digunakan dll). setiap ada laporan dari pelanggan, cukup dg menginformasikan user id (adsl) maka teknisi akan langsung tahu di mana lokasi pelanggan ybs (jadi tidak perlu tanya dimana lokasinya dsb). data base ini sama persis dg db nya pelanggan pstn telkom. begitu nomor telpon disearch info pelanggan dapat langsung diketahui.

2. sistem pelaporan/komplen dari customer secara otomatis
misal, telpon ke 147 lalu pelanggan diminta memasukan user id adsl yg berupa nomor itu. begitu nomor tsb dimasukan data base user tadi langsung muncul di pcnya
operator 147. operator langsung mengetahui lokasi use ada di mana dsb...

3. sistem monitoring jaringan pos-2 telpon tempat modem adsl terpasang
dari nomor 2 di atas, database juga langsung mengakes status koneksi jaringan tempat modem si user ybs. dari sini operator langsung kondisi jaringan saat itu sedang online atau offline. dari sini teknisi akan mudah mentrace masalah. kl statusnya online berarti masalah ada si user (seting modem error, password error dsb) dan isp (bila menggunakan isp lain).

4. sistem tutorial
dari nomor 3 bila masalahnya ada di user maka operator melakukan tutorial (bila si user paham ttg IT, minimal familiar dg urusan network). yg dilakukan oleh operator adalah hal-2 umum yg sudah dilakukan spt ini. penjelasan setting modem, kondisi modem bila online atau offline dsb. bila masalahnya ada di jaringan ya tinggal dicek saja dimana putusnya dsb.

kira-2 begitu...

No comments: