10/12/2008

reformasi kepolisian, sudahkah? jilid 4

saya berdiri menunggu di depan pintu masuk ruang mengurus sim. satu persatu nama-2 yg sudah difoto tadi dipanggil. di sini nama saya cepat di panggil. lalu diserahkan dua buah sim a dan c yg sudah jadi. pertanda urusan pengurusan sim saya sudah selesai. istri saya heran
dan tanya, "kok gak ada ujian teori dan prakteknya?" saya pun tahu. cuman saya jelaskan saat daftar tadi saya menyerahkan sim a yg sudah mati. mungkin karena sudah pernah punya sim tidak ada ujian teori atau praktek lagi.

yg jelas, hari itu saya betul-2 bahagia karena saya tidak hanyut dalam arus yg sangat deras. yg itu sudah mengalir bertahun-tahun lamanya. saya tidak perlu lagi memikirkan kenapa tidak ada ujian teori dan praktek. yg penting, saya sudah mengurus sim-2 saya tanpa calo dalam maupun luar. yg penting saya sudah mengikuti anjuran "JANGAN MENGURUS SIM MELALUI CALO". dan itu sudah saya lakukan.

saya bukan ingin caper atau sok suci atau apalah. itu bukan urusan saya. yg menjadi urusan saya, bagaimana saya (dan tentunya kita semua) bisa merubah sistem yg sudah akut. dan itu tidak akan bisa kita lakukan kalau kita belum atau tidak tahu spt apa sistem yg sedang berlaku. di dalam ruang belakang loket 1, saya katakan kepada polisi-2 yg ada disitu bahwa saya mengurus sim ini sendiri karena saya ingin tahu sistemnya spt apa. dan sekarang sudah mengetahuinya. sehingga saya tahu apa-2 yg seharusnya dan semestinya saya lakukan kalo suatu saat nanti saya tiba-2 diangkat menjadi kapolri. saya jadi tahu apa-2 yg harus saya reformasi di kepolisian nantinya... dan insyallah saya bisa melawan arus yg lebih deras dari yg sekarang saya alami... *smile*

akhirnya saya teringat dalam satu ayat al quran (al anfal ayat 53) yg menyatakan bahwa nasib suatu kaum tidak akan berubah sampai kaum itu sendiri yg merubah nasibnya. termasuk dalam urusan calo mencalo di kepolisian kita atau di tempat-2 yg lain. selama kita masih menggunakan jasa para calo, tak akan mungkin sistem percaloan akan hilang dari negeri kita. kkn akan terus tumbuh subur, karena kita sendiri yg memupukinya terus. hari demi hari...

selesai...

No comments: