10/22/2006

Melahirkan, Mempunyai Bayi, dan Riset S3

saat istri saya mau lanjut ke s1 dari college (tingkat akhir), istri melahirkan anak pertama. diskusi dg sensei pembimbingnya, dan mendapat dukunan serta perlindungan penuh dari semua sensei (pihak sekolah). saat itu istri berstatus penerima beasiswa monbusho. dan pihak sekolah merahasiakannya. lalu disarankan utk tidak ikutan ujian beasiswa monbusho s1 karena khawatir jadi masalah... dan waktu pun terus berjalan sampai istri tamat s1...

saat istri saya mau masuk master pada bulan 4 tgl 12, istri melahirkan anak ke 2. sebelum masuk ke lab (saat masih tingkat akhir s1), kita shodan ke sensei utk menjelaskan kondisi thn depan bulan 4. hasilnya dapat cuti 1 bulan dari tanggal melahirkan... masuk-2 setelah golden week... dan waktu pun terus berjalan...

lalu kejadian itu berulang lagi... *smile* saat istri masuk doktor tahun kedua, anak ketiga lahir... ketika dapat dipastikan istri hamil, jauh-2 hari kita ngadep lagi ke sensei. bilang jadual melahirkan selanjutnya (*smile*) bulan 8 pas natsu yasumi... ya dapat libur 1 bulan lagi. masuk ke lab bulan 9.

dan waktu pun terus berjalan, sampai istri saya selesai s3.

saran saya, punya anak bukanlah menjadi penghalang utk terus sekolah... diskusi dg sensei jauh-2 hari bisa sudah ketahuan hamil. jangan dadakan seperti kebanyakan kita orang indonesia (at the last minute) atau sembunyi-2.

kalo perlu shodan sama istri saya, bisa saya hubungkan nanti... siapa tahu bisa membantu.

gambatte kudasai nee...

No comments: