10/21/2006

robot ASIMO 6km/jam

robot yang satu ini bukan sembarang robot. dia lahir dari evolusi riset robot manusia yang dilakukan oleh perusahaan papas atas jepang, honda. beberapa waktuyang lalu honda merilis robot manusia terbarunya yang bisa berlari lurus, berlari sambil berbelok, berjalan sambil bergandengan tangan, menerima tamu di fornt desk dan sebagainya.

pada tahun 2000 robot manusia yang diberi nama ASIMO ini dapat naik dan turun tangga. lalu dapat berjalan dengan kecepatan 3km/jam. kemarin, asimo memperagarakan lari dengan kecepatan 6km/jam. dia juga dapat menari dengan gerakan yang luwes, melakukan oseiji (cara hormat gaya jepang dengan membungkukan kepada dan badan) keapada tamu.

selain itu dapat melakukan tugas-tugas ringan mengantarkan minuman, menjadi guide bagi para tamu yang datang dan dapat mengenali wajah serta mengamati tingkah laku (pergerakan) tamu yang tidak sesuai menurut logikanya. misal, ketika tamu yang ingin diantar tadi tidak bergerak atau berhenti di tengah jalan, maka si asimo akan berhenti lalu menoleh ke si tamu lalu memanggilnya dan menyuruh jalan. benar-2 real spt halnya manusia. rencanya tahun 2010 akan diproduksi masal untuk membantu pekerjaan-2 rumah tangga, kantor dan lainnya.

No comments: