10/21/2006

信頼関係 (Shinrai Kankei)

being trusted

pagi ini sebelum berangkat ke lab, spt biasanya saya menyempatkan diri untuk menyaksikan berita-2 terbaru di tv. channel berita pagi yang penjadi favorit saya adalah toku dane fuji tv. satu berita ini sebenarnya muncul 3 hari yang lalu. yaitu berita tentang tewasnya seorang kakek-2 (80 thn) karena keracunan gas mono oksida yang keluar dari heater (pemanas) di rumahnya. (di jepang, dari bulan desember sampai maret adalah musim dingin. jadi antara bulan ini pemakaian heater sudah menjadi suatu keharusan. terlebih bagi yang tinggal dibagian utara, hokkaido. ) hearter yg dipakainya itu bermerek salah satu perusahaan top di jepang, yaitu "松下電器 (matsushita denki) Panasonic". berita tadi pagi menjadi sangat menarik, karena tindakan cepat yang dilalukan oleh persuhaan tersebut benar-2 patut diacungi jempol. kalau saya punya 10 jempol, maka akan saya acungkan ke 10-10 nya. serius! :-)

sejak munculnya kasus tadi, matsushita langsung memasang iklan pemberitahuan ke seluruh statiun televisi yang ada di jepang. isinya meminta kepada para pemiliki heater dengan nomor seri berikut utk segera menghubungi nomor telepon dibawah ini. karena heater-2 itu dikhawatirkan (dalam istilah jepangnya diungkapkan dengan 万一 mangaichi yang artinya rasio kejadian 1/10000) bisa menyebabkan kematian.

dalam berita tadi dijelaskan lagi secara detil, matsushita akan mengganti heater-2 seri tersebut dengan imbalan 50,000 yen atau diperbaiki/diservis secara gratis. dengan tindakan ini matsushita telah menyiapkan dana sebesar 20 milyar yen! 5 jempol pertama saya berikan utk tindakan ini.

kemudian, heater-2 tersebut diproduksi pada tahun 1985 - 1992. artinya apa? bahwa sebenarnya perusahaan matsushita sebenarnya sudah tidak memiliki tanggung jawab apa pun atas kejadian itu (tewasnya sang kakek tadi). karena menurut undang-2 yang berlaku di internasional dan tentu saja di jepang sendiri, masa berlaku garansi suatu produk adalah sampai 10 tahun saja! dikatakan layak atau boleh dipakai dan akan menjadi tanggung jawab produsen utk mentenans, penyediaan suku cadang dll dalam jangka waktu 10 tahun. lewat dari itu, peraturannya sudah harus dibuang. kejadian ini muncul di tahun ke 13 sejak heater tadi dibuat oleh matsushita. meskipun sudah tidak memiliki tanggung jawab, tapi hal itu tetap dilakukan oleh matsushita. 5 jempol yg lain saya berikan utk hal ini.

atas kejadian ini petinggi matsushita menundukan kepalanya (minta maaf) secara terbuka kepada masyarakat jepang (khsusunya para korban), lalu menarik produk heaternya yang telah kedaluwarsa, menggantinya 50,000 yen utk setiap heater dan memperbaikinya secara gratis! satu tindakan yg benar-2 indah. agar tetap dipercaya oleh konsumen-2nya....

p.s. nomor seri heater yang ditarik semuanya ada tulisannya "OK" di heaternya. bagi teman-2 yang menggunakan heater tersebut silahkan hubungi 0120-872-773 (free dial). detilnya silahkan klik saja situs 松下電器 ini. ohayameni ne (cepetan, ya...). lumayan dapat 5 man yen. ;-)

No comments: